7 Jenis Fotografi Terpopuler

Sumber foto: https://asset.kompas.com

Perkembangan teknologi sangat berdampak terhadap semua aspek kehidupan manusia. Berbagai dampak positif dan negatif kerap kali kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam dunia fotografi. Dengan adanya smartphone, siapa saja bisa menjadi fotografer di zaman sekarang.

Namun kesalahan awal saat orang belajar fotografi adalah tentang pemahaman teori mengenai fotografi, salah satunya jenis-jenis fotografi. Hal ini perlu diperhatikan agar kita tidak asal ambil foto saat hunting.

Jenis fotografi sendiri terhitung mencapai 67 klasifikasi. Namun pada artikel kali ini hanya dibahas 7 jenis fotografi yang paling populer. Kira-kira apa saja, baca dengan seksama.

1. Landscape photography

Tuhan begitu baik kepada semua makhluknya, terlebih manusia. Bagaimana tidak, manusia di tempatkan di alam dengan berbagai keindahannya. Salah satu jenis fotografi terpopuler yang pertama adalah landscape fotografi. Jenis foto ini lebih fokus pada keindahan alam, meski beberapa fotografer menggunakannya untuk mengabadikan karya buatan manusia juga.

Agar tetap bisa mengambil foto dengan jenis landscape fotografi ini, tentu kita perlu menjaga keindahan alam di sekitar kita.

Foto karya im_abiyu menggunakan Nokia 6.

2. Portrait photography

Nama lain portrait fotografi adalah portraiture photography, jenis foto ini menjadikan manusia sebagai objek. Portrait fotografi lebih mengedepankan gambaran tentang kepribadian, suasana hati, dan ekspresi objeknya. Namun background atau komposisi fotografi lainnya juga bisa dimasukkan untuk menambah estetika foto. 

Foto karya frozzty_24 menggunakan Xiaomi Redmi Note 5

3. Wildlife photography

Jika anda termasuk orang yang menyukai tantangan sekaligus fotografi, maka wildlife fotografi menjadi pilihan yang tepat. Wildlife fotografi menjadikan alam liar sebagai tempat explorasi diri untuk mengembangkan skill fotografi. Untuk jenis foto ini, seorang fotografer perlu keahlian khusus serta harus terbiasa beradaptasi dengan alam liar manapun. 

Foto karya alvendro.yunefri menggunakan Xiaomi Mi Note 3

4. Journalists photography

Seorang jurnalis tidak hanya dituntut untuk bisa menulis. Mereka juga harus mempunyai skill fotografi. Journalists fotografi memiliki aturan yang berbeda dengan jenis fotografi lainnya. Fotografer harus mematuhi kode etik jurnalistik yang berlaku, secara tidak langsung seorang jurnalis harus mampu mewartakan berita hanya dalam satu karya fotografi. 

Foto karya su_galeri menggunakan Samsung s9 Plus

5. Street photography

Kehidupan jalanan bisa menjadi sebuh momen yang menarik untuk diabadikan. Jenis street fotografi sangat cocok untuk mereka yang hobi traveling dan pegiat sosial. Jenis ini tidak terpaku pada kehidupan jalanan saja, asal objek manusia bisa dengan gamblang diproyeksikan karakternya dalam estetika dan faksimile. 

Foto karya exo_anotherside menggunakan Samsung j6

6. Macro photography

Macro fotografi identik dengan pengambilan foto objek yang kecil, seperti serangga dan tumbuhan. Jenis macro fotografi memiliki nilai estetika tinggi. Proses pengambilan foto macro bisa dibilang rumit, karena objek foto tidak bisa dipastikan posisinya (bergerak, misalnya serangga). 

Foto karya adyimran menggunakan Xiaomi Mi4c+lens.

7. Still life photography

Penggambaran benda mati yang saling berhubungan, misalnya kopi dan buku, akan menjadi bagus dengan teknik pengambilan foto yang tepat. Salah satunya yaitu still life fotografi, jenis fotografi ini banyak diminati generasi milenial. Karena objek foto bisa apa saja yang di sekitar kita, dengan kreatifitas dan insting fotografi yang tepat, benda-benda minimalis di sekitar kita bisa menjadi karya fotografi. 

Foto karya christine.pus menggunakan Xiaomi Redmi 4x.

Masih terdapat sekitar 60 jenis fotografi lainnya, baik populer maupun tidak. 7 jenis fotografi yang dirangkum di atas semoga mampu menambah wawasan kita mengenai dunia fotografi. 

Salam phonegraphy!

Admin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.