Menangkap Keindahan Malam dengan Night Shot Photography

Foto: @muhammadenggar_
Pada awalnya, kamera difungsikan hanya untuk kepentingan dokumentasi saja. Namun dengan adanya kemajuan dunia fotografi dan kreatifitas fotografer, kini fungsi kamera jauh lebih luas dari masa ke masa. Salah satu perkembangan genre/ jenis fotografi adalah adanya night shot photography.

Sesuai namanya, night shot photography berarti pengambilan gambar/ foto pada malam hari. Maka munculah genre foto seperti urban night, night cityscape, light trail, light painting dan lain sebagainya. Semua genre foto tersebut sebenarnya masih dalam satu frame, yakni night shot, karena pengambilan foto pada malam hari.

Objek utama atau fokus pengambilan gambar dari night shot adalah penangkapan cahaya. Tentu bukan hal yang mudah, setiap fotografer harus memahami teori dasar, baik dari setting kamera maupun pengambilan sudut (angle).

Baca juga: Mengenal Fitur Manual Camera Smartphone

Pengaturan kamera menjadi tantangan tersendiri ketika hunting foto di malam hari. Apalagi bagi phonegrapher yang perangkatnya belum mendukung mode manual yang lengkap. Seperti settingan manual shutter speed, ISO, mode malam, dan Artificial Intelegence (AI).

Selain itu, pemilihan tempat hunting juga menentukan. Usahakan hunting di tempat yang banyak cahaya. Selain memenuhi objek utama (penangkapan cahaya), banyaknya cahaya juga memperindah hasil foto. Penggunaan flash saat hunting night shot sebisa mungkin dihindari, karena justru akan merusak cahaya objek utama. 

Waktu yang digunakan untuk hunting foto jenis ini tentu dimulai ketika senja sampai fajar. alasannya sederhana, karena pada malam hari cahaya lampu lebih mudah tertangkap karena berkolborasi dengan gelapnya malam.

Baca juga: Tutorial Take Foto Urban Night

Peralatan tambahan seperti tripod juga dibutuhkan untuk mempermudah pengambilan gambar. Geser sedikit saja saat mengambil gambar, cahaya yang terekam akan menjadi blur atau tidak fokus.

Demikian ulasan singkat tentang night shot photography, apabila ada kesalahan teori dan sebagainya silahkan tulis di kolom komentar.

Salam phonegraphy!

Admin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.