Objek dan Subjek Foto Beda Makna, Ini Penjelasannya

Foto: Admin

Belajar fotografi bukan hanya belajar memotret saja. Namun juga harus memahami teori teori dasar, praktik, sampai hal paling sederhana seperti istilah objek dan subjek foto. Dalam beberapa kesempatan diskusi foto, pernah kah phonegrapher bingung soal perbedaan objek dan subjek foto?

Dua kata (objek dan subjek) yang sering membingungkan phonegrapher, bahkan dianggap sama maknanya, ternyata memiliki arti berbeda loh. Perbedaan tersebut ada pada skala foto yang dimaksud.

Baca juga: Refleksi Fotografi dan Jenis-jenisnya

Objek foto mengarah pada skala foto yang lebih luas. Misalnya, saat phonegrapher hunting foto di pasar, maka barang yang dijual, pedagang, atap, dan segala yang ada dalam foto tersebut termasuk dalam objek foto. Seperti contoh foto di bawah ini.


Sedangkan subjek foto, adalah bagian atau skala yang lebih sempit (terfokus) pada objek di dalam foto seperti para pedagang, keranjang dan lain sebagainya. Kemudian, subjek foto diseleksi lagi hingga terdapat subjek utama yang kita kenal dengan Point Of Interest (POI).

Baca juga: Sejarah Kamera Smartphone

Secara sederhana, POI adalah subjek yang paling menonjol di antara subjek yang lainnya. Pada foto di bawah ini, orang yang dilingkari adalah subjek utama atau POI. Sangat mudah dipahami memang, tapi jika kita tidak tahu bisa saja kita salah menyebutkan mana objek mana subjek.


Cukup mudah bukan membedakan antara objek dan subjek foto. Semoga penjelasan singkat di atas bisa membantu phonegrapher. Jika bermanfaat silahkan share ke phonegrapher lainnya.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.