Sejarah Kamera Smartphone

Foto: pixabay.com
Foto: pixabay.com

Pernah kah terlintas dalam benak kita, siapa yang pertama kali memiliki ide memasang kamera pada handphone? Handphone apa yang pertama kali dilengkapi kamera? Berapa pixel kamera di handphone tersebut? Dalam artikel kali ini, kita coba telusuri lebih dalam Sejarah Kamera Smartphone.

Smartphone pada dasarnya bentuk perkembangan dari handphone. Smartphone hanya kenaikan kelas fungsional dari handphone yang awalnya hanya untuk berkomunikasi (SMS, telfon) menjadi multifungsi seperti berselancar di internet, mengambil foto, memutar musik, dan sebagainya.

Dari berbagai fungsi yang berkembang, fitur kamera menjadi daya saing paling menonjol oleh vendor smartphone saat ini. Perkembangan yang sangat pesat sehingga banyak smartphone yang menawarkan spesifikasi kamera tinggi, bahkan dilengkapi sampai 4 kamera. Hasilnya pun tidak mengecewakan, efek seperti bokeh, fitur manual camera, kini sudah tersedia di kamera smartphone.

Baca juga: Memaksimalkan Kamera Smartphone untuk Fotografi

Tapi, sebelum kita mengenal banyak smartphone dengan fitur kamera canggih saat ini, pernahkah kita berpikir siapa yang menemukan ide cemerlang ini? Ia adalah Philipe Kahn. Laki-laki kelahiran Paris, 16 Maret 1952. Selain dinobatkan sebagai penemu kamera pada smartphone, Kahn juga dikenal sebagai pendiri 4 perusahaan ternama Fullpower Teknologi , LightSurf Teknologi , Starfish Software dan Borland. (wikipedia.org).

Semua berawal ketika Kahn ingin mengirimkan gambar anak pertamanya kepada pihak keluarga. Setelah berhasil mengambil foto sang anak, ia mengirimkannya melalui Multimedia Message Service atau MMS. Jenis pesan ini mampu mengirim file berupa foto maupun video.

Foto Philipe Kahn tersebut diakui sebagai foto pertama yang menggunakan kamera handphone, sehingga foto miliknya masuk dalam 100 foto paling berpengaruh sepanjang masa versi majalah TIME. Khan pertama kali menggunakan kamera digital Casio QV-10, ponsel Motorola StarTAC, dan laptop untuk menangkap gambar pada tahun 1997. (liputan6.com)

Ia sadar penemuannya ini berpotensi menjadi sebuah perkembangan teknologi di masa depan. Namun jalannya tidak semulus yang kita bayangkan. Kahn harus menerima penolakan Kodak dan Polaroid ketika ia menyampaikan idenya tersebut. Menurut mereka, handphone tidak lebih hanya untuk komunikasi semata.

Baca juga: Mengenal Fitur Manual Camera Smartphone

Khan tidak menyerah, ia mencoba peruntungan lain dengan menggandeng perusahaan teknologi ternama asal Jepang, Sharp. Ketertarikan Sharp mengembangkan penemuan Kahn terealisasi pada tahun 2000, kemudian lahirlah ponsel pertama Sharp yang disertai kamera, yakni Sharp J-SH04.

Sharp J-SH04 memiliki kamera beresolusi 0,11 mega pixel dengan 256 warna dan berat 74g. Dimensi ponsel ini 127x39x17 mm dan diperjualbelikan pada awal November tahun 2000. Beberapa tahun berselang, Nokia berhasil menghadirkan ponsel dengan fitur kamera yang lebih menarik seperti Nokia 3650, Nokia 6600, Nokia 7610, dan puncaknya Nokia N Series.

Sebagai catatan, Kyocera VP-210 juga di infokan sebagai ponsel dengan kamera pertama dengan resolusi 0,11 mega pixel yang diluncurkan pada tahun 1999. Namun posisi kamera ponsel ini berada di depan, sehingga disebut sebagai generasi pertama ponsel dengan kamera depan.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.