Kesederhanaan Foto dalam Bingkai Minimalisme

Jenis Foto Minimalis

Minimalisme banyak digunakan oleh seniman pada abad ke-20. Kemudian seiring perkembangan zaman, konsep minimalisme diserap dalam karya fotografi. Klasifikasi foto minimalis ada pada hasil karya yang tetap sederhana namun tidak membosankan.

Subjek utama atau Point Of Interest (POI) pada foto harus menarik perhatian dan menjadi elemen terkuat. Sebelum mengambil foto minimalis, alangkah baiknya kita mengamati objek terlebih dahulu. Kemudian menyeleksi subjek apa saja yang akan masuk dalam frame.

Secara istilah, minimalis fotografi adalah karya fotografi yang menampilkan komponen objek minimalis (sederhana). Hal ini bisa dilihat dari area kosong yang luas, atau bentuk, warna, dan garis seminimal mungkin.

Untuk lebih jelasnya, minimalis fotografi dibagi pada beberapa jenis. Dalam artikel kali ini, Admin akan menuliskan 5 jenis minimalis fotografi.

1. Permainan warna

foto minimalis permainan warna 

Campuran warna pada foto minimalis akan memberikan nilai estetis tersendiri. Biasanya warna yang digunakan adalah warna kontras dan membentuk suatu garis atau pola unik.

2. Less element

foto minimalis less element

Mengurangi elemen dalam foto minimalis sangat dianjurkan, namun usahakan tetap memiliki subjek utama (Point Of Interest) dan objek tambahan untuk meningkatkan komposisi foto.

3. Small Object

foto minimalis small object

Pada jenis foto minimalis ini, subjek utama ditampilkan dengan rasio yang lebih kecil. Akan lebih cocok jika dipadukan dengan background yang menarik mata.

4. Part of the whole

foto minimalis part of the whole

Menampilkan sebagian dari seluruh objek (Part of the whole) bisa masuk dalam minimalis fotografi. Dengan jenis ini, seorang phonegrapher akan memancing orang lain untuk berpikir objek apa yang ditampilkan sebenarnya (karena objek yang ditampilkan hanya sebagian).

5. Geometri Sederhana

foto minimalis geometri sederhana

Pernah melihat foto tangga yang memutar membentuk lingkaran? Atau foto minimalis dengan memanfaatkan bayangan (shadow). Kedua foto tersebut menerapkan jenis minimalis geometri sederhana. Selain itu, phonegrapher juga bisa memanfaatkan geometri lain spt kurva, kotak, silinder dan lainnya.

Kelima jenis minimalis fotografi di atas bisa phonegrapher terapkan. Objek minimalis bisa ada di sekitar kita, seperti bangunan, benda-benda di rumah, dan lain sebagainya. Phonegrapher hanya tinggal mengamati, lalu membuat konsep minimalisnya.

Salam phonegraphy!

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.