Kamera Huawei Mate 40 Pro Puncaki Top Scores DxOMark


Jika mendengar kata Huawei, kita akan langsung berpikir soal kamera yang bagus. Tak heran, sejak bekerjasama dengan Leica pada 2016 silam, kamera Huawei berhasil bersaing dengan merk smartphone lainnya seperti Samsung dan iPhone. Bahkan pada Oktober 2020, saat pertama kali Huawei Mate 40 Pro resmi dikenalkan secara global, kamera Mate 40 Pro berhasil memuncaki skor versi DxOMark.

Di Indonesia, Huawei Mate 40 Pro baru didistribusikan 15 Desember 2020. Performa kamera dengan resolusi kamera utama 50 MP jadi nilai jual utama Huawei. Dikutip dari DxOMark, kamera Huawei Mate 40 Pro mendapat nilai 136 poin pada Oktober lalu. Mate 40 Pro berhasil mengungguli Xiaomi Mi 10 Ultra, Xiaomi Mi 10 Pro, Huawei P40 Pro, dan Vivo X50 Pro Plus.

Bahkan jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra 5G dan iPhone 11 Pro Max, Mate 40 Pro masih unggul 10 poin. Maka tidak heran DxOMark menjulukinya dengan sebutan “Dynamic Range Monster”.

Foto: Screenshot/ DxOMark

Dikutip dari suara.com Huawei Mate 40 Pro dibekali dengan kamera utama 50 MP Ultra Vision Camera (Wide Angle), 20 MP Cine Camera (Ultrawide Angle), dan 12 MP Telephoto Camera (5x Optical Zoom + OIS). Sedangkan untuk kamera depan dibekali dengan 13 MP dan ToF 3D Sensor.

Kamera depan Huawei bisa mengatasi pencahayaan yang ekstrim seperti backligt, karena sensor kamera depan juga memiliki dynamic range yang luas. Untuk kamera depan, DxOMark memberi skor 104 poin mengalahkan Huawei P40 Pro, Asus zenfone 7 Pro, dan Samsung Galaxy S20 Ultra 5G. Keunggulan ini membawa Mate 40 Pro menduduki puncak kamera depan terbaik versi DxOMark.

Sensor kamera Mate 40 Pro juga termasuk unik, karena sudah tidak menggunakan Red Green Green Blue (RGGB) sebagai filter warna. Tetapi, series Mate ini menggunakan filter warna Red Yellow Yellow Blue (RYYB). Filter warna ini juga sudah disematkan pada seri sebelumnya, yakni seri P30. Kelebihan RYYB terlihat saat mengambil foto di kondisi pencahayaan yang minim (gelap), karena warna kuning (yellow) akan menyerap lebih banyak cahaya daripada hijau.

Foto: Screenshot/ DxOMark

Dikutip dari inet.detik.com, Huawei Mate memiliki banyak pilihan photo style mulai dari Leica Standard, Vivid dan Smooth, dan kini bertambah dengan adanya hitam putih kontras tinggi (Impac) dan gaya foto menyerupai film jadul seperti Valencia dan Nostalgia.

Kamera Huawei Mate 40 Pro memiliki detail yang bagus dengan noise yang rendah. Selain itu, system auto focus yang akurat berhasil membuat foto yang dihasilkan lebih tajam. Efek bokeh yang dihasilkan juga terlihat lebih alami, bahkan hamper menyerupai kamera DSLR.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.