3 Aplikasi Kamera Pihak Ketiga yang Support Shutter Speed

Camera Tambahan HP

Tidak semua kamera smartphone dibekali fitur manual yang lengkap. Beberapa kamera smartphone hanya memiliki fitur manual yang standard. Seperti ISO, Exposure, dan AWB. 

Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi phonegrapher yang ingin mengabadikan momen tertentu dan membutuhkan fitur manual seperti shutter speed. Misalnya untuk mengambil foto silky water, light painting, dan sejenisnya.

Untuk mengatasi kendala tersebut, biasanya phonegrapher menggunakan aplikasi kamera tambahan (pihak ketiga). Tentunya dengan berbagai fitur tambahan yang tidak ada pada kamera bawaan bagi sebagian smartphone.

Agar phonegrapher tak sembarang download, berikut 3 aplikasi kamera pihak ketiga yang mendukung berbagai fitur manual mode.

1. Snailcam

Seperti Namanya, logo snailcam berupa siput. Entah apa maksud dibalik pemilihan nama snailcam beserta lambang siput pada logonya. Tapi mungkin saja nama ini diambil karena fitur unggulan pada aplikasi ini ada pada mode bulb atau slow speed. Layaknya siput yang berjalan sangat lambat.

Baca juga: Belajar Fotografi Bermodal HP, Bukti Kamera Smartphone Bisa Saingi DSLR

Pada aplikasi ini, kita akan disuguhkan beberapa fitur menarik. Pertama, normal mode. Pada mode ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mode kamera pada umumnya. Hanya ditambah beberapa efek.

Kedua, enhanced mode. Tidak jauh dengan normal mode, pembeda dari enhanced mode adalah adanya fitur pengatur warna. Meliputi White Balance, Saturasi Warna dan Kecerahan Warna.

Ketiga, multi mode. Multi mode memungkinkan kita mengambil beberapa objek foto dengan objek yang sama atau berbeda. Lebih jelasnya, hasil foto di multi mode akan seperti double exposure.

Keempat, Bulb mode. Fitur yang paling menarik pada Snailcam adalah Bulb mode. Bulb mode hampir sama dengan slow mode pada DSLR atau camera fv-5. Efek yang dihasilkan dari bulb mode adalah objek yang lebih smooth. Misalnya untuk mengabadikan foto silky water.

2. Footej Camera 2

Footej Camera 2 menjadi aplikasi kamera pihak ketiga yang cukup mudah digunakan. Berbagai fitur tambahan di dalamnya sangat bermanfaat ketika hunting. Jika keunggulan Snailcam ada pada mode bulb nya, Footej Camera 2 ada pada mode slow motion untuk video dan shutter speed untuk foto.

Namun, shutter speed pada Footej Camera 2 hanya sampai 1/10s. Tetapi, ini cukup untuk mengabadikan foto panning shot seperti kendaraan berjalan.

Pada video, Footej Camera 2 memberikan fitur slow motion dan times lapes. Pada slow motion, video tidak bisa benar-benar halus saat di mainkan. Namun ini cukup membantu bagi kamera smartphone yang tidak memiliki fitur tersebut.

Baca juga: Mengenal Fitur Manual Camera Smartphone

3. Kamera fv-5 lite

Aplikasi ini tentu tidak asing lagi di telinga kita. Tidak kalah dengan Footej Camera 2, Camera FV-5 Lie juga menawarkan pengalaman seperti menggunakan DSLR dalam genggaman.

Namun jika dibandingkan dengan Footej Camera 2, fitur shutter speed pada Footej Camera 2 lebih unggul dibanding Camera FV-5 Lite. Namun kelebihan Camera FV-5 Lite yakni waktu pada shutter speed lebih lama, bahkan bisa kita custom sesuai keinginan.

Ketiga aplikasi di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun, dengan adanya aplikasi tersebut kita bisa memanfaatkan berbagai fitur, khususnya bagi phonegrapher yang kemera smartphonenya memiliki fitur terbatas.

Adanya aplikasi kamera pihak ketiga tersebut semoga menambah kreativitas kita dalam berkarya.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.