5 Lensa Tambahan untuk Kamera Smartphone

Lensa menjadi faktor yang sangat penting bagi kamera. Tidak heran jika harga lensa kamera bisa lebih mahal dari harga kamera itu sendiri.

Perkembangan kamera smartphone, membuat lensa kamera tambahan tidak hanya ditujukan untuk kamera profesional saja, tetapi lensa kamera tambahan untuk smartphone juga mendapat tempat khusus.

Lensa tambahan untuk kamera smartphone berfungsi agar foto yang dihasilkan lebih maksimal. Meski kamera smartphone masa kini dilengkapi berbagai jenis lensa, namun hal ini dirasa belum maksimal.

Maka dari itu, mari mengenal 5 macam lensa tambahan untuk kamera smartphone.

Baca juga: Belajar Fotografi Bermodal Hp, Bukti Kamera Smartphone Bisa Saingi DSLR

1. Lensa Fish Eye

Sebelum hadirnya berbagai lensa tambahan untuk kamera smartphone, lensa fish eye sudah eksis terlebih dahulu. Sesuai namanya, lensa ini memberikan efek cembung seperti pandangan mata ikan. Sehingga foto yang dihasilkan tampak lebih luas dan melingkar.

2. Lensa Macro

Lensa macro tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Lensa ini berfungsi untuk mengambil foto dari subjek kecil seperti serangga, bunga, mainan, dan sejenisnya. Fokus yang dihasilkan oleh lensa macro sangat detail.

Sebelum maraknya lensa macro bermerk, dulu lensa macro yang paling banyak dicari adalah Lensbong (Lensa Bongkaran). Lensa ini adalah adaptasi dari lensa kamera digital dan sejenisnya.

Baca juga: 5 Aplikasi Editing Foto Populer

3. Lensa Tele

Tak kalah dengan kamera profesional, kamera smartphone juga memiliki lensa telephoto khusus. Lensa ini memberikan efek zoom mulai dari 8 kali sampai 20 kali. Tentunya dengan hasil yang lebih maksimal jika dibandingkan dengan zoom manual pada kamera smartphone.

Lensa tele berfungsi untuk mengambil objek foto dari jarak jauh. Lensa ini juga cocok digunakan untuk mengambil foto close up.

4. Lensa Wide Angle

Jika phonegrapher menyukai jenis foto landscape, maka lensa wide angle sangat membantu. Hampir sama dengan lensa fish eye, lensa wide angle akan memberikan efek foto yang lebih luas.

Perbedaannya ada pada hasil foto. Jika lensa fish eye, foto yang dihasilkan akan sangat cembung. Tetapi, jika wide angle, foto yang dihasilkan akan lebih melebar dan tidak terlalu cembung.

5. Lensa CPL

Pada dasarnya, CPL atau Circular Polarizer adalah filter yang berfungsi untuk menyerap cahaya. Misalnya dengan mengurangi refleksi atau pantulan cahaya pada foto. CPL biasanya digunakan untuk objek air, seperti silky water.

5 lensa di atas tentu bermanfaat ketika hunting. Lensa tambahan akan memberikan kesan lebih bermakna ketika phonegrapher mengeksplor lebih banyak jenis fotografi. Semoga bermanfaat.

Admin. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.