6 Tips Foto Produk Agar Lebih Menarik

Maraknya penjualan produk via marketplace dan online shop, membuat kebanyakan orang yang terjun di dalamnya mempelajari fotografi, khususnya foto produk.

Teknik yang tepat sangat mengambil gambar produk akan menambah nilai jual tersendiri. Calon pembeli jelas akan lebih tertarik pada foto suatu barang yang terlihat elegan, rapih dan tertata.

Apalagi jika media pemasaran yang digunakan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, dan sejenisnya. Maka foto yang sifatnya eye catching wajib hukumnya.

Baca juga: Cara Take Food Photography yang Menarik

Biasanya, para pemilik usaha online shop akan mempercayakan foto produknya pada fotografer profesional. Eits, sebelum menyewa fotografer profesional yang biayanya juga tidak sedikit, phonegrapher bisa coba dulu nih tips foto produk hanya menggunakan kamera smartphone.

1. Kenali kamera smartphone

Memahami kamera smartphone nampaknya harus dilakukan sebelum mengambil suatu foto. Karena, kamera smartphone memiliki karakteristik yang berbeda. Entah dari kecenderungan warna, pencahayaan, dan lain sebagainya.

Memahami kamera smartphone akan membantu phonegrapher dalam menentukan pengaturan yang paling tepat. Mulai dari settingan kamera, timing pengambilan foto, dan persiapan editingnya nanti.

2. Manfaatkan background

Suatu produk akan terlihat lebih estetik ketika menggunakan background. Bisa background polos seperti warna putih, kuning, hitam, atau background motiv. Bahkan tersedia juga background foto seperti rerumputan.

Jika ingin lebih ramah di kantong, phonegrapher bisa membuat studio mini sendiri. Caranya cukup mudah, phonegrapher hanya perlu mempersiapkan kardus, kertas putih atau warna yang lain, lampu, penggaris dan cutter.

Baca juga: Tutorial Take Foto Urban Night

Tutorial cara membuatnya sangat banyak di kanal YouTube. Phonegrapher bisa memilih salah satu.

3. Gunakan model jika diperlukan

Jika produk yang dijual merupakan barang yang bisa dipakai, maka jasa modeling akan sangat membantu. Produk yang dipakai model, secara tidak langsung menjadi referensi calon pembeli, karena bisa mengira-ngira hasilnya jika produk itu dipakai.

Phonegrapher bisa meminta tolong kepada teman atau saudara untuk menjadi model dadakan.

4. Pencahayaan

Dalam setiap karya fotografi, cahaya adalah poin penting yang tidak boleh dilupakan. Pada jenis foto produk, cahaya yang pas akan membuat produk terlihat lebih estetik.

Jika belum memiliki lighting, phonegrapher bisa memanfaatkan sinar matahari. Gunakan konsep foto outdoor, sebagai catatan objek foto jangan langsung terkena sinar matahari agar shadow tidak terlalu jelas.

5. Foto dari berbagai angle

Foto produk bisa dibilang gampang-gampang susah. Selain harus menentukan tema foto, phonegrapher juga harus mencobanya dengan berbagai angle. Biasanya, foto produk di ambil dengan angle bird eye view dan konsep flat lay.

Baca juga: 5 Lensa Tambahan untuk Kamera Smartphone

Namun banyak juga produk yang di ambil dengan normal angle. Phonegrapher bisa kreasikan sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Tambahkan aksesoris

Peran aksesoris dalam foto produk layaknya timun dan tomat pada nasi goreng. Aksesoris ini akan menambah kecantikan suatu foto. Misalnya, jika produk yang kalian foto adalah smartphone, maka phonegrapher bisa menambahkan headset sebagai aksesorisnya.

Misal produk yang kalian foto adalah kosmetik, maka phonegrapher bisa menambahkan kaca sebagai subjek tambahan.

Masih banyak tips foto produk lainnya, namun enam poin di atas rasanya sudah bisa mewakilinya.

Bagaimana masih punya rekomendasi tips tambahan lainnya untuk foto produk? Phonegrapher bisa menuliskannya di kolom komentar.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.