Apa itu Noise dan Bagaimana Cara Mengatasinya?


Saat ini, kamera pada smartphone membuat banyak orang lebih mengenal fotografi. Sayangnya, masih banyak pula yang sekadar mengambil foto tanpa memperhatikan nilai-nilainya. Akibatnya, banyak karya fotografi yang asal-asalan. Misalnya pengambilan angle yang kurang tepat, presisi foto, dan noise pada foto.

Noise nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Agar lebih jelas, mari kita bahas bersama apa itu noise. Noise bisa diartikan sebagai “pengganggu” atau “berisik”. Noise bisa terjadi pada karya visual apapun, termasuk video dan rekaman suara. Pada fotografi, noise berupa butiran-butiran warna atau titik-titik yang mengganggu pada foto.

Noise bisa disebabkan oleh dua factor, yakni ISO dan sensor kamera. Jika kita mengambil foto dengan ISO yang tinggi, maka besar kemungkinan foto yang dihasilkan memiliki noise. Misalnya saat kita hunting pada malam hari, atau mengambil foto di dalam ruangan yang kurang penerangan (low ligt). Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah menaikan ISO, sehingga sensor jadi lebih sensitif dan mampu menyerap cahaya lebih banyak.

Baca juga: 3 Aplikasi Kamera Pihak Ketiga yang Support Shutter Speed

Tapi kenyataanya hal itu tidak menjamin. Karena sensor kamera dan kualitas lensa berperan. Maka dari itu, usahakan penggunaan ISO yang tinggi.

Noise bisa dihindari dengan beberapa persiapan sebelum mengambil foto, di antaranya:

1. Memanfaatkan flash

Flash akan sangat membantu mengurangi noise. Tapi biasanya yang kita temui, flash akan memberikan efek pantulan pada mata subjek. Phonegrapher bisa mengatasinya dengan flash eksternal.

2. Atur shutter speed

Hal ini berhubungan dengan segitiga exposure, yakni antara shutter speed, ISO dan aperture. Phonegrapher bisa menyesuaikan dengan kondisi cahaya di lapangan.

Baca juga: Sharp Aquos R6 Jadi Flagship dengan Sensor Kamera Terbesar

3. Gunakan tripod

Tripod akan membantu phonegrapher agar saat mengambil foto kamera tetap stabil. Sehingga cahaya yang masuk tidak goyang sedikitpun, sehingga hasil foto lebih bagus.

Jika semua usaha di atas tidak memberikan hasil yang maksimal, phonegrapher bisa memanfaatkan berbagai aplikasi editing foto. Misalnya Adobe Lightroom. Pembahasan aplikasi yang bisa menghilangkan noise akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.