Apa itu Rules of Third?

 

Siapapun tentu ingin karyanya dinikmati banyak orang. Tak terkecuali karya fotografi. Agar nyaman dipandang, karya visual seperti foto memiliki berbagai komposisi, salah satunya Rules of Third.

Rules of Third secara bahasa bisa diartikan sebagai aturan sepertiga. Secara istilah, Rules of Third adalah cara memosisikan objek pada titik di sepertiga bagian dalam foto, dengan petunjuk yang ditandai titik pada pertemuan antara garis vertical dan horizontal.

Dikutip dari inet.detik.com, panduan sederhananya, lebar bidang dibagi 3 dan tinggi bidang dibagi 3, yang nantinya menghasilkan 9 bagian. Di antara pertemuan garis tersebut akan menghasilkan 4 titik yang dinamai “Golden Selection”. Memosisikan objek sesuai komposisi Rules of Third akan membuat foto lebih nyaman dipandang.

Baca juga: Mengenal Leading Line, Garis Imajiner Foto

Komposisi ini pertama kali dikenalkan oleh John Thomas Smith pada tahun 1797. Ia adalah pelukis asal Inggris yang memperkenalkan komposisi ini lewat bukunya yang berjudul Remarks on Rural Scenery.

Untuk mengaktifkan garis vertikal dan horizontal di kamera smartphone, phonegrapher bisa mengaktifkan fitur grid. Hal ini akan mempermudah penerapan Rules of Third. Berikut caranya.

Pertama, buka kamera.

Kedua, buka pengaturan.

Ketiga, pilih tampilkan garis bantu/ grid.

Secara otomatis, gride akan Nampak pada kamera smartphone kita.

Cara ini mungkin hanya berlaku pada beberapa jenih kamera smartphone. Karena pada dasarnya, kamera smartphone lain kadang sudah menyematkannya langsung di layar utama kamera.

Baca juga: Kesederhanaan Foto dalam Bingkai Minimalisme

Menerapkan Rules of Third sangat berguna untuk menambah estetika foto. Tapi sebagai catatan, komposisi ini bukanlah aturan baku. Sehingga phonegrapher bisa mengeksplore kreativitas dalam mengabadikan foto sesuai selera masing-masing.

Admin.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.