Cara Mengaplikasikan Teknik Foto Silky Water

Teknik fotografi sangat banyak jumlahnya. Mulai dari panning shot, light painting, silky water dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, kita akan ulas bersama teknik silky water.

Secara bahasa, silky water diambil dari Bahasa Inggris, yakni silky yang berarti selembut sutra dan water yang berarti air. Secara istilah silky water adalah teknik fotografi yang memanfaatkan kecepatan rana untuk membuat air tampak lembut seperti sutra.

Phonegrapher pasti sering melihat foto air terjun, danau, sungai atau sejenis, dengan air yang tampak sangat lembut. Inilah karya fotografi yang diabadikan dengan teknik silky water.

Teknik ini membutuhkan peran segitiga exposure. Terutama shutter speed. Jadi, jika kamera smartphone phonegrapher tidak dibekali fitur shutter speed, maka tidak bisa mengaplikasikan teknik ini. Kecuali dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: 3 Aplikasi Kamera Pihak Ketiga yang Support Shutter Speed

Bagaimana cara mengaplikasikan teknik silky water? Simak ulasannya berikut.

Pertama, siapkan tripod.

Pengaplikasian silky water memanfaatkan fitur shutter speed. Maka dari itu, tripod sangat dibutuhkan untuk menstabilkan foto. Karena, jika kita gerak sedikit saja, maka hasil foto akan blur atau acak-acakan. Jika tidak ada tripod, phonegrapher bisa memanfaatkan benda lain yang bisa membuat kamera smartphone tetap stabil saat pengambilan foto.

Kedua, gunakan fitur manual mode.

Setelah masuk fitur manual, pilih shutter speed. Gunakan shutter speed secukupnya. Bisa 10 detik atau 15 detik sesuai dengan selera masing-masing.

Namun perlu diingat, jika shutter speed terlalu tinggi maka air dalam foto tidak akan terlihat teksturnya. Jika shutter speed terlalu rendah, maka air dalam foto akan terlihat kaku. Cobalah beberapa kali sampai menemukan komposisi yang tepat.

Baca juga: Mengenal Fitur Manual Camera Smartphone

Selain shutter speed, phonegrapher juga harus memperhatikan ISO. Gunakan ISO rendah, 100-800 untuk mendapatkan pencahayaan yang sesuai.

Ketiga, jika dibutuhkan, pakailah filter.

Kendala yang sering dihadapi saat hunting silky water adalah over exposure. Filter akan berguna untuk menstabilkan cahaya yang terlalu tinggi tersebut.

Ketiga teknik di atas bisa phonegrapher terapkan ketika hunting silky water. Tentu masih banyak teknik lain yang bisa di explore ketika di tempat hunting. Kembangkan kreativitas agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.