Perbedaan Human Interest dan Street Photography

Jenis fotografi yang beragam kadang membuat beberapa jenis foto hampir terlihat sama hasilnya. Misalnya jenis foto Human Interest (HI) dan Street Photography (SP).

Menurut fotografer profesional Jakarta, Tito Rikardo, kedua jenis foto ini sama-sama merekam spontanitas, kegiatan, atau kebiasaan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa perbedaan HI dan SP?

Baca juga: Memahami Point of Interest Foto

Perbedaan keduanya tidak terlalu jauh. Human Interest biasanya ditujukan agar orang yang melihat foto tersebut akan ikut merasakan makna dari foto itu.

Misalnya foto di atas. Terlihat seorang pemuda yang sedang membuang sampah ke tempatnya. Tanpa memberi tahu orang yang melihat foto tersebut, orang itu akan tau maksud dari foto itu.

Tidak sampai di situ saja, Human Interest memiliki kekuatan untuk memunculkan rasa empati, sedih, senang, dan sejenisnya bagi orang yang melihat foto HI.

Baca juga: Apa Itu Rules of Third?

Sedangkan Street Photography, biasanya hanya merekam momen spontanitas saja. Misalnya foto keramaian pasar, orang berjalan, kendaraan, dan sejenisnya.

Makna pada SP juga tidak sedalam foto HI. Sehingga pesan yang ada pada foto bisa dimaknai secara luas.

Seperti foto di atas yang memperlihatkan seorang pemuda, yang berjalan melewati tembok bangunan tua di Kota Lama Semarang.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.