3 Bahan Ini Ampuh Bersihkan Lensa Kamera Smartphone

Bagi pecinta phonegraphy, masalah lensa kamera yang kotor kerap dialami. Jika lensa kotor, maka foto yang dihasilkan juga tidak maksimal. Lensa yang kotor bisa menyebabkan buram atau tidak jernih. Hal ini jelas sangat menggangu.

Penyebab lensa kotor beragam, yang paling sering yaitu debu. Jika kita sembarangan meletakkan smartphone, maka resiko lensa kamera terkena debu sangat tinggi. Debu bisa menempel dan meninggalkan jejak pada lensa kamera.

Selain debu, bekas sidik jari juga sangat rawan. Apalagi jika tangan kita berminyak, jangan sekali-kali memegang lensa kamera. Meski tidak terlalu fatal, namun bekas minyak dan sidik jari akan sangat mengganggu.

Penyebab di atas mungkin pernah kita alami. Apalagi jika kita lebih sering hunting foto landscape, resiko lensa kamera kotor lebih tinggi. Tapi tenang, kali ini kita akan membahas cara membersihkan lensa kamera smartphone yang kotor dengan 3 bahan di bawah ini.

1. Minyak Kayu Putih

Meski salah satu penyebab lensa kamera kotor adalah minyak, namun minyak kayu putih justru bisa mengatasinya. Minyak yang sering dijadikan obat masuk angina ini cukup ampuh membersihkan lensa kamera smartphone yang kotor.

Baca juga:5 Lensa Tambahan untuk Kamera Smartphone

Caranya cukup mudah, phonegrapher hanya perlu menyiapkan kain microfiber atau kain halus. Kemudian teteskan sedikit minyak kayu putih ke kain tersebut. Jika sudah, gosok lensa kamera dengan kain tadi searah jarum jam. Lakukan dengan perlahan agar tidak menggores lensa.

2. Pasta Gigi

Siapa sangka ternyata pasta gigi juga bisa membersihkan lensa kamera smartphone. Pasti gigi bisa mengikis goresan pada lensa kamera smartphone. Syaratnya goresan tersebut masih tergolong halus, tidak terlalu parah.

Cara pengaplikasiannya tidak jauh berbeda dengan minyak kayu putih. Phonegrapher bisa mengawalinya dengan mengoleskan pasta gigi pada lensa kamera smartphone secukupnya, lalu gosok perlahan dengan kain halus. Tunggu beberapa saat, lalu lap lagi dengan kain yang agak basah.

Phonegrapher bisa juga menggunakan korek kuping untuk mengolesnya. Pasta gigi dipercaya mampu menjaga lapisan terluar pada lensa kamera, yakni Oleophobic Coating yang berfungsi menjaga lensa kamera smartphone dari goresan.

3. Cairan pembersih/ antiseptic

Jika dua bahan di atas belum bisa membersihkan lensa kamera kamu, maka cobalah dengan cairan pembersih atau antiseptic. Namun, phonegrapher perlu memastikan bahwa cairan tersebut tidak mengandung bahan aditif. Karena, bahan tersebut bisa merusak pelindung lensa.

Baca juga: Unboxing Lensa 5 in 1 Apexel, dari Fish Eye Sampai CPL

Cairan ini biasa dipakai untuk membersihkan bahan elektronik lainnya. Caranya hampir sama dengan penggunaan minyak kayu putih dan pasta gigi. Phonegrapher cukup mengoleskannya perlahan. Pastikan kain yang telah digunakan juga dibersihkan.

Tiga bahan di atas mungkin hanya bagian kecil dari bahan lain yang bisa membersihkan lensa kamera. Namun ketiga bahan tersebut tentu sangat mudah kita temukan. Jika phonegrapher punya cara lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Admin.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.