5 Situs Download Foto Gratis

Hak cipta suatu karya sangatlah penting, tak terkecuali pada foto. Hal ini berfungsi untuk menjaga foto tersebut dari pencurian. Karena banyak orang yang mengambil foto tanpa izin, bahkan mengklaim bahwa foto tersebut adalah karyanya.

Agar bisa mengunduh foto yang memiliki hak cipta, seseorang harus membayarnya. Apalagi jika foto tersebut digunakan untuk kepentingan komersil seperti iklan. Tapi pernahkah kalian memerlukan sebuah foto untuk kepentingan blog, pamflet dan sejenisnya? Jika iya, kalian tidak usah bingung karena 5 situs di bawah ini menyediakan foto gratis.

1. Pixabay

Pixabay menjadi rekomendasi pertama situs yang menyediakan foto gratis. Bagi saya pribadi, foto yang terdapat di pixabay lebih lengkap dibandingkan dengan situs lainnya. Karya foto di dalamnya juga tidak sembarangan, karena dibuat oleh para fotografer profesional. Jadi tidak diragukan lagi.

Baca juga: 3 Bahan ini Ampuh Bersihkan Lensa Kamera Smartphone

Pixabay tidak hanya menyediakan foto saja, namun tersedia juga illustrator, vector, gambar, video dan sebagainya. Berbagai karya di atas bisa kamu download dengan gratis baik untuk kepentingan pribadi maupun komersil.

2. Unsplash

Foto dan berbagai karya di unsplash memilki resolusi yang tinggi. Di sini, kamu bisa mencari berbagai foto sesuai dengan kategori yang diinginkan. Misalnya travel, nature, textures & patterns dan masih banyak yang lainnya.

Sama seperti pixabay, kamu juga bisa menggunakan foto atau karya lainnya untuk kepentingan pribadi atau komersil. Jadi jangan khawatir.

3. Pexels

Jika kalian ingin mengunduh gambar dengan berbagai pilihan format seperti JPG, PNG atau lainnya, maka Pexels bisa jadi solusinya. Terdapat lebih dari 15.000 stok foto dengan resolusi tinggi yang bisa kamu download sesuai kebutuhan.

Foto yang ada di Pexel juga bebas digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun komersil. Namun, pexel juga memiliki aturan tertulis bahwa foto-foto yang telah di download tidak boleh dijual ulang pada situs atau individu manapun.

4. Freestock

Foto-foto di freestock tergolong unik. Tidak hanya itu, resolusi foto yang disajikan juga tinggi, sehingga kamu tidak perlu khawatir foto akan pecah saat digunakan. Semua foto di sana memiliki lisensi Creative Commons Zero yang artinya kamu bisa menggunakan foto tersebut untuk kepentingan pribadi maupun komersil.

5. Gratisography

Hampir sama dengan freestocks, gratisography memiliki stok foto yang unik. Mulai dari angle yang menarik, ekspresi wajah seseorang dan foto hewan yang menarik. Di sini kamu bisa mengunduh foto dengan beberapa kategori, yakni Animals, People, Nature, Objects, Whimsical & Urban.

Baca juga: 6 Tips Foto Produk Agar Lebih Menarik

Sama seperti situs lainnya, kamu bisa menggunakan foto tersebut untuk kepentingan personal maupun komersil. Selain itu kamu tidak perlu mencantumkan atribut di dalamnya.

Kelima situs di atas bisa menjadi solusi ketika kamu membutuhkan foto untuk kepentingan tertentu. Meski gratis, usahakan baca terlebih dahulu keterangan yang ada pada foto tersebut sebelum mengunduhnya. Karena beberapa foto premium tetap berbayar jika ingin mengunduhnya.

Admin.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.