Spesifikasi Kamera Smartphone untuk Fotografi

Fotografi nampaknya sudah menjadi keahlian yang wajib dimiliki saat ini. Tanpa disadari, kita telah menerapkannya dalam berbagai hal. Misalnya saat kita makan, bepergian, atau ingin memberikan suatu informasi, kita sering menyampaikannya dengan mengambil sebuah foto.

Ditambah dengan hadirnya smartphone yang memiliki kamera canggih, membuat siapa saja bisa melakukan aktivitas fotografi. Tapi pernahkah kalian memperhatikan setiap kamera pada smartphone memiliki hasil yang berbeda? Padahal kamera smartphone tersebut memiliki spesifikasi yang sama.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang spesifikasi kamera smartphone yang tepat untuk belajar fotografi. Buat kamu yang hendak beli smartphone dengan target kamera yang berkualitas, baca artikel ini sampai selesai yah.

Megapixel Bukan Segalanya

Banyak yang beranggapan bahwa kamera smartphone yang bagus adalah kamera smartphone dengan resolusi (megapixel) yang tinggi. Maka tidak heran, banyak vendor smartphone menawarkan kamera smartphone dengan kualitas 32 MP, 64 MP sampai ratusan megapixel. Padahal, megapixel bukanlah segalanya.

Baca juga: Perbedaan Human Interest dan Street Photography

Mengutip dari medcom.id megapixel merupakan satuan yang menunjukan resolusi gambar yang bisa dihasilkan oleh sebuah kamera melalui sensornya. Sebagai gambaran, 1 Megapixel sama dengan 1.048.576 pixel, artinya 1 MP pada kamera bisa menghasilkan foto yang memiliki jumlah pixel 1.048.576 buah.

Secara teori, harusnya megapixel yang tinggi mampu menghasilkan foto yang lebih bagus. Karena kamera dengan resolusi tinggi memungkinkan kamera bekerja lebih cepat serta mampu mengurangi noise dan terlihat lebih detail. Namun sayangnya, megapixel pada kamera smartphone tidak begitu berpengaruh.

Peran Sensor Kamera

Resolusi kamera memang berpengaruh pada hasil foto. Tapi di samping itu, sensor pada kamera lebih berpengaruh pada kualitas foto yang dihasilkan. Maka tidak heran, produsen smartphone seperti Apple dan Google jarang mengeluarkan smartphone dengan resolusi yang tinggi. Mereka lebih mementingkan perkembangan software dan sensornya.

Sensor kamera pada umumnya berukuran 6,17 x 4,55 mm. jika dibandingkan dengan sensor kamera professional, jelas sangat jauh perbedaannya. Kamera mirrorless APS-C saja memiliki sensor 23,6 mm x 15,6 mm. Sensor kamera yang lebih besar akan menangkap cahaya dengan lebih baik. Hal ini lah yang mungkin sampai saat ini membuat kamera smartphone belum bisa sepenuhnya menandingi kamera professional.

Baca juga: 5 Lensa Tambahan untuk Kamera Smartphone

Kamera pada smartphone menggandeng beberapa jenis sensor. Salah satunya Sony yang memiliki sensor kamera dengan kode IMX. Sensor kamera Sony dikenal dengan performanya yang mampu mengambil gambar dengan baik meskipun dalam kondisi cahaya minim. Kamera smartphone yang dibekali sensor kamera Sony antara lain Xiaomi Mi 10T 5G (IMX 682), Samsung Galaxy M51 (IMX 652), Realme 7 Pro (IMX 682) dan masih banyak yang lainnya.

Selain Sony, sensor kamera lainnya yaitu Omnivision. Meski sering dianggap remeh oleh sebagian pengguna, namun nyatanya sensor kamera Omnivision memiliki kelebihan tersendiri. Omnivision mampu mengurangi benturan antarwarna serta mampu mengurangi noise. Kamera smartphone yang dibekali sensor kamera Omnivision yaitu Xiaomi Mi 11 Pro (OV48C).

Tidak mau kalah dengan Sony, Samsung juga merilis sensor kameranya sendiri, yakni ISOCELL. Dirilis pada 2013 silam, kini ISOCELL sudah terpasang pada berbagai produk smartphone. Bahkan tidak hanya smartphone Samsung saja yang memakai sensor kamera ISOCELL. Smartphone lainnya seperti Lenovo dam Xiaomi juga memakai sensor ini.

Kelengkapan Fitur Kamera

Hal terakhir yang perlu diperhatikan jika phonegrapher ingin membeli smartphone dengan kualitas kamera yang bagus, adalah dengan memperhatikan fitur pada kamera tersebut. Fitur manual mode yang mendukung shutter speed sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis foto.

Baca juga: Memahami Point of Interest Foto

Seiring perkembangan teknologi, fitur pada kamera smartphone tidak hanya berpusat pada hasil fotonya saja, namun juga video. Maka tidak heran jika sekarang banyak kamera smartphone yang sudah dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilizer) dan AI (Artificial Intellegence).

Fitur dasar lainnya seperti HDR, Aspec Ratio, Panorama dan lain sebagainya, nampaknya sudah dimiliki semua jenis smartphone saat ini.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.