Tips Edit Foto Menggunakan Smartphone

Saat ini, editing foto menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses menghasilkan foto terbaik. Kekurangan masing-masing perangkat, membuat foto yang dihasilkan kadang kurang maksimal. Dalam kondisi tertentu, foto bisa terlihat lebih gelap, terlalu terang bahkan over saturation. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mengedit foto menjadi solusinya.

Kecanggihan teknologi juga mempermudah siapa saja dalam hal editing foto. Jika dulu aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop maupun Adobe Lightroom hanya ada di computer, kini aplikasi tersebut bisa dengan mudah diinstall pada smartphone. Bahkan tidak hanya satu dua aplikasi, berbagai aplikasi editing foto seperti Snapseed, Light X, Lens Distorstion sangat mudah didapatkan.

Meski sudah banyak aplikasi editing foto yang memudahkan pengguna, bukan berarti mengedit foto bisa semudah membalikan telapak tangan. Keahlian dalam memilih warna, pencahayaan serta insting terhadap keindahan foto juga diperlukan. Agar tidak sembarangan dalam mengedit foto, perhatikanlah hal-hal berikut ini.

1. Atur Brightness

Seperti yang dikatakan di atas, kekurangan kamera smartphone dalam menangkap cahaya membuat foto yang dihasilkan kadang under exposure atau over exposure. Tapi tenang, sebelum mengunggahnya di sosial media, alangkah baiknya phonegrapher mengatus kembali brightness foto tersebut.

Baca juga: Spesifikasi Kamera Smartphone untuk Fotografi

Jika foto terlalu cerah (over exposure), phonegrapher bisa menurunkan exposurenya. Sebaliknya, jika foto terlalu gelap (under exposure), phonegrapher bisa menambahkan exposurenya. Pada pengaturan di brightness, phonegrapher juga bisa mengatur kontras foto, bayangan serta highlight.

Pada kontras foto, phonegrapher bisa memperkirakan pencahayaan dengan mempertimbangkan kelembutan foto. Jika kontras dikurangi, foto akan semakin cerah namun seperti berkabut. Jika ditambahkan, foto akan tampak lebih gelap.

Untuk mengatur bagian foto yang terlalu gelap atau cerah, phonegrapher bisa memanfaatkan highlight. Namun, biasanya untuk foto landscape kebanyakan user menurunkan highlight karena foto lebih sering diambil pada siang hari.

Terakhir pada pengaturan pencahayaan, yang perlu diperhatikan adalah reduksi bayangan. Phonegrapher bisa menyesuaikan kondisi bayangan sesuai yang diinginkan. Tapi perlu diingat, kurangi atau tambahkan secukupnya saja.

2. Sesuaikan Saturasi

Perbedaan sensor kamera pada smartphone membuat warna pada foto yang dihasilkan juga berbeda. Ada foto yang warnanya lebih condong ke biru, kuning, bahkan sangat kuat di saturasinya. Beberapa warna foto terlihat lebih tajam, dan sebagian lainnya terlihat pucat.

Saturasi pada editing foto berguna untuk menyesuaikan pewarnaan tersebut. Phonegrapher bisa menyesuaikan keinginan. Bahkan tren pewarnaan atau toning pada editing foto masih menjadi tren sampai sekarang.

Baca juga: 5 Aplikasi Editing Foto

Beberapa tone memiliki ciri khasnya sendiri. Misalnya green tone yang lebih sering dipakai pada foto landscape, night tone untuk foto city scape, dark mode untuk street photography, dan berabagai jenis tone lainnya.

Warna pada foto jelas punya andil besar pada ke estetikan foto. Maka tidak heran toning seperti di atas juga menimbulkan perdebatan dalam hal ke estetikan foto. Ada yang mengatakan dengan toning yang berlebihan, foto terlihat tidak natural. Terlepas dari itu semua, jelas kita tidak bisa saling menyalahkan. Maka dari itu, usahakan memilih warna se kreatif mungkin.

3. Simetris

Foto yang indah bisa berawal dari foto yang simetris. Meski bukan menjadi acuan baku, tapi penerapan teori seperti rules of third, leading line dan lain sebagainya bisa dicoba. Jika foto masih miring atau belum simetris, phonegrapher bisa memanfaatkan aplikasi editing foto seperti Adobe Lightroom untuk meluruskannya.

Caranya cukup mudah, phonegrapher hanya perlu mengimpor foto tersebut ke aplikasi Adobe Lightroom, masuk ke bagian pangkas, lalu luruskan. Demikian hal yang paling sederhana untuk dilakukan dalam mengedit foto. Tentu masih banyak hal lain yang masih bisa di explore.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.