4 Kesalahan yang sering dilakukan phonegrapher pemula

1. Tidak Mencari Referensi

Referensi sangat dibutuhkan dalam berbagai hal. Salah satunya pada fotografi. Jika dulu mencari referensi foto harus melalui media cetak, tapi tidak dengan saat ini. Sekarang kita bisa mencari referensi foto di berbagai platform dan sosial media. Di sana kita bisa memilih jenis foto apa yang kita inginkan, tinggal kita amati lalu praktikkan. 

Mencari referensi sebelum hunting bermanfaat untuk menambah kreativitas kita dalam mengeksplorasi objek yang akan kita bidik. Misalnya jika kita ingin hunting di suatu tempat, maka kita bisa mencari tagar di sosial media sesuai nama tempat tersebut. Sehingga nantinya kita tidak bingung angle mana yang tepat dan lain sebagainya.

2. Asal Jepret

Asal jepret dan membidik sebanyak-banyaknya jelas berbeda. Dalam hunting foto, usahakan mengambil gambar cukup banyak. Tujuannya, agar kita bisa memilih foto mana yang sesuai. Tapi jika kalian sudah menemukan foto yang sesuai, maka hal ini tidak perlu dilakukan. 

Baca juga: 5 Alasan Foto Kamu Ditolak Shutterstock

Berbeda dengan asal jepret. Biasanya, phonegrapher pemula mengambil gambar tanpa memperhatikan komposisi, angle, dan pencahayaan. Sehingga foto yang dihasilkan seadanya, tanpa perhitungan dan jadilah foto asal jepret. Ini perlu dihindari agar tidak menjadi kebiasaan. Agar kita tidak asal jepret saat hunting, maka mencari referensi adalah solusinya.

3. Over Editing

Mungkin sebagian dari kita pernah melakukan editing yang berlebihan. Misalnya saturasi yang terlalu tinggi, under exposure atau over exposure. Editing foto sebenarnya tergantung selera masing-masing. Ada yang menyukai editing dengan memainkan tone, atau ada juga yang menyukai editing natural.

4. Cepat Merasa Puas

Kesalahan yang paling fatal adalah cepat merasa puas. Jika kita menemukan foto yang bagus menurut kita dan merasa puas, itu tidak masalah. Itu termasuk apresiasi untuk diri sendiri. Tapi jika perasaan puas tersebut membuat kita tidak berkembang, sebaiknya dihindari.

Baca juga: 5 Situs Download Foto Gratis

Suatu ketika Arbain Rambey pernah diwawancarai dengan pertanyaan, foto pertama bapak yang menurut bapak luar biasa? Kemudian ia menjawab, kalau sampai saya melihat foto masa lalu saya bagus, saya tuh mundur. Saya selalu menganggap foto bagus saya itu besok. Jadi saya selalu bisa membuat foto yang lebih baik. (dikutip dari postingan instagram Arbain Rambey).

Semoga bermanfaat.

Admin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.