Mengenal Fotografi Jurnalistik dan Jenisnya

Fotografi memiliki banyak genre di dalamnya. Mulai dari landscape, human interest, flat lay, dan fotografi jurnalistik. Berbeda dari jenis foto yang lainnya, fotografi jurnalistik menekankan pada story telling atau cara menceritakan suatu fenomena melalui foto.

Dikutip dari www.fotografi.upi.edu, Wilson Hick menyebut fotografi jurnalistik sebagai media komunikasi yang verbal dan visual yang hadir bersamaan. Sedangkan menurut Hanapi, fotografi jurnalistik adalah kegiatan fotografi yang bertujuan merekam peristiwa atau jurnal yang menyangkut manusia.

Layaknya pekerja jurnalis, fotografer jurnalistik juga harus menerapkan kaidah jurnalistik. Seperti tidak boleh memanipulasi foto, menyampaikan foto apa adanya dan foto berkaitan dengan berita yang ditulis serta terkini. Bisa dibilang, fotografer jurnalistik adalah reporter yang bergerak pada bidang foto. Sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan bukanlah tulisan, melainkan foto.

Baca juga: 4 Hp Android yang Kameranya Setara dengan iPhone

Sayangnya, profesi ini kian menipis seiring berkembangnya teknologi. Fotografer zaman dulu harus memiliki kamera, sehingga terdapat fotografer khusus dalam sebuah media. Namun, sekarang hal ini tidaklah berlaku, karena setiap reporter bisa mengambil foto dengan kamera smartphone-nya. Meskipun demikian, namun eksistensi fotografi jurnalistik masih ada hingga sekarang.

Salah satu media yang berfokus pada fotografi jurnalistik adalah Antara. Di sana banyak karya-karya jurnalistik dalam bentuk foto. Berdasarkan visualisasinya, fotografi jurnalistik dibagi dalam beberapa jenis. Antara lain sebagai berikut:

1. People in the news photo

Sesuai namanya, jenis foto ini menampilkan seseorang dalam suatu berita. Biasanya orang tersebut adalah orang yang sudah dikenal khalayak, seperti presiden. Tetapi bisa juga, orang tersebut adalah orang yang sedang menjadi sorotan kala itu, entah karena prestasi atau sebaliknya. Jenis foto ini biasanya menggunakan teknik close up saat pengambilan fotonya.

Baca juga: Ini Daftar Smartphone 5G yang Harganya Terjangkau

2. Spot photo

Jika dilihat dari makna sederhananya, spot photo hampir sama dengan candid. Yakni foto yang diambil dengan spontan. Perbedaanya terletak pada momentum yang diambil. Jika foto candid bisa diterapkan pada street photography, human interest atau sejenis, maka spot foto pada fotografi jurnalistik biasanya dipakai ketika mengambil gambar kecelakaan, kebakaran, perang, dan berbagai kejadian di sebuah lokasi.

3. General news photo

Jenis foto ini sering dipakai untuk pemberitaan pada umumnya. Seperti berita ekonomi, politik maupun humor. General news photo cocok diterapkan pada pemberitaan jenis straight news.

4. Sport photo

Bagi pecinta sepak bola, tentu sering melihat kehadiran fotografer di samping lapangan. Dalam dunia olahraga, kehadiran fotografer sangatlah penting. Karena fotografer mampu menangkap momentum sebagai bentuk pendokumentasian. Pada foto jurnalistik, sport photo bukan hanya dokumentasi belaka. Karena foto yang diambil biasanya lebih hidup, misalnya dari ekspresi atlet.

5. Social and environment

Pemberitaan dengan jenis features sangat cocok dipadukan dengan jenis foto ini. Social and environment biasa digunakan untuk karya jurnalistik yang berbasis lingkungan, prestasi, dan hal lainnya yang sesuai dengan kriteria features. Pada pemberitaan lingkungan, biasanya jenis ini diterapkan pada foto lingkungan yang kumuh, tumpukan sampah, dan sejenisnya.

6. Science and technology photo

Foto penemuan dan pengeteahuan terbaru biasanya dibingkai dengan jenis foto ini. Seperti foto penemuan kerangka mumi, tulang belulang manusia zaman dulu, dan hal yang sejenisnya. Ya, science and technology photo erat kaitannya dengan kegaitan sains, teknologi dan keilmuan lainnya.

Baca juga: Tahun Ini Instagram Bakal Fokus ke Video

Jenis foto jurnalistik di atas hanyalah bagian kecil yang kami tulis. Karena fotografi jurnalistik bisa dimaknai lebih luas. Tetapi poin penting yang perlu diterapkan pada jenis foto ini adalah penekanan pada nilai-nilai jurnalistik yang disampaikan.

Admin.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.